UAP PIK KELOMPOK 20

 

 HARDWARE, SOFTWARE DAN MANAJEMEN FILE


        HARDWARE



  • Pengertian Hardware

        Perangkat keras komputer (Hardware) adalah semua bagian fisik komputer dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya (secara otomatis).

        Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai Firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.

  • Jenis dan Contoh Hardware

    1) Input Device (Perangkat Input) 

        merupakan salah satu jenis hardware yang berguna untuk memasukkan informasi maupun data. Baik itu dalam bentuk video, teks, gambar, audio, dan yang lainnya ke dalam sebuah komputer. Contohnya adalah Keyboard, Webcam, Mouse, dll.

 

    2) Processor (Perangkat yang Memproses) 

        merupakan perangkat pengolah data yang memperoleh data dari input device. Contohnya adalah CPU, VGA dan RAM.

 

    3) Output Device (Perangkat Output) 

        merupakan jenis hardware yang berguna dalam menampilkan informasi dan mencetak hasil input data yang user lakukan. Data ataupun infromasi tersebut berasal dari hardware input yang sudah melewati hardware process. Contohnya adalah Monitor, Printer dan Proyektor.

 

 

        SOFTWARE

 



  • Pengertian Software

        Perangkat lunak (Software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

        Pembuatan perangkat lunak itu sendiri memerlukan "bahasa pemrograman" yang ditulis oleh seorang pemrogram untuk selanjutnya dikompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware. Perangkat lunak seperti Windows atau Linux bisa disebut sebagai nyawa dari komputer, di mana tanpa diinstal sistem operasi tersebut maka komputer tidak dapat dijalankan.

  • Jenis dan Contoh Software

    1) Sistem Operasi

        merupakan perangkat lunak yang berfungsi mengendalikan semua komponen yang terdapat pada mesin komputer. Contohnya adalah Microsoft Windows, UNIX, LINUX, dll.

    2) Program Aplikasi

        merupakan suatu program yang ditulis dengan bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada bidang tertentu. Contohnya adalah Ms. Word, Ms. Power Point, Ms. Excel, dll.

    3) Utillity (Program Bantu)

        merupakan suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi. Contohnya adalah anti virus, media player, search engine, dll.

    4) Malware (Program Perusak)

       merupakan suatu program komputer yang sifatnya mengganggu jalannya suatu program dan dirancang dengan tujuan untuk merusak suatu program atau biasa dikenal dengan virus komputer. Contohnya adalah Trojan, Worm, Adware, Spyware, dll.

 

        MANAJEMEN FILE



  • Pengertian Manajemen File

        Menurut McGraw-Hill Dictionary of Scientific & Technical Terms (2003), sistem manajemen file adalah program komputer yang mengontrol ruang yang digunakan untuk penyimpanan file dan menyediakan layanan seperti kontrol input atau output dan pengindekan.

        Melansir dari situs Technopedia, manajemen file adalah proses administrasi sistem yang menangani data digital dengan akurat. File dapat berupa dokumen, spreadsheet, gambar atau jenis item lain yang disimpan di komputer.

  • Jenis Manajemen File
          1) Manajemen File Tiga Dimensi 
merupakan metode tradisional untuk menjaga dokumen hard copy di lemari dan brankas.
         2) Manajemen File Elektronik
            merupakan teknologi digital dan elektronik yang telah berkembang dan memungkinkan kinerja manajemen, akses dan pengambilan dokumen yang lebih baik dan efisien. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyortir file berdasarkan jenis, ukuran, nama, warna dan tanggal yang mereka buat atau dimodifikasi.Contoh Manajemen File
  • Contoh Manajemen File

Contoh-contoh manajemen file adalah seperti :

    1) File-list Manajers

    2) Orthodox File Manajer (OFM)

    3) Navigational File Managers

    4) 3D File Managers

    5) Web-based File Managers

 

Comments

Popular posts from this blog

BASIS DATA